Pasar Prumpung – Surganya Dunia Mainan

Niat News, Jakarta 05/04 

  Prumpung Rt 07/01 , Jaitinegara Jakarta Timur mempunyai pasar yang sangat terkenal yaitu pasar gembrong.  Pasar Gembrong  lahir tahun 1960. Dulu di pasar ini adalah  pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam jenis sayuran, ikan, dan lainnya .  Pada tahun 1998 hanya beberapa orang  mulai membangun kios atau lapak mainan dan akhirnya banyak yang mengikuti . Awalnya hanya beberapa pedagang yang menjual mainan dan perlengkapan menulis namun kemudian berkembang menjadi grosiran mainan ( setelah Mangga Dua, banyak pedagang grosir mengambil mainan disini ) hingga sekarang. Pasar ini buka dari jam 7.00 sampai jam 19.00 WIB. Di Pasar Gembrong ini kurang lebih ada sekitar 50 kios penjual mainan yang berderet di pinggir jalan raya dan di sebuah gang di dalamnya.  “ Pasar ini sudah banyak yang tau dan udah kemana – mana informasinya bahkan banyak juga orang yang mencari data tentang Pasar Gembrong ini. “ Kata Bapak Ridwan ( 31) yang sedang asyik mempersiapkan jualannya.

  Pasar Gembrong  ini mendapatkan Distribusi barang – barangnya dari Kota, dan  kebanyakan mainan dan aksesori yang dijual di Pasar Gembrong ini diimpor dari China. “ Kalau saya lebih enak kerja dan berusaha disini karena tidak diatur – atur oleh atasan, buka usaha sendiri itu enak dan barang –barang yang kita jual itu langsung dari China diimpor dari kota dan kita menjualnya dengan harga Grosiran. Keuntungan disini diambil dengan harga ‘Kodi x Lusin = Untung’ saya ga berani menyebutkan harga tetap namanya juga pedagang, keuntungannya itu naik –turun dan tidak pasti. “ Ujar Mba Lia (22) yang sedang asyik mengepakkan barang dagangannya.

   Pasar Gembrong merupakan pusat jual beli mainan anak yang dipatok dengan harga yang  murah. Setiap hari libur, pasar ini sangat dipadati oleh  para pembeli baik dari Jakarta maupun dari luar kota. Berbagai macam  mainan anak dijual di pasar ini, mulai dari monopoli, mobil – mobilan, boneka, perlengkapan masak-masakkan, robot-robotan, dan masih banyak lagi. Tak hanya mainan saja yang dijual, ada berbagai macam aksesori seperti ikat rambut, bando, jepitan rambut, dan sebagainya yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah.

 

 GambarGambarGambar

Leave a comment