@karnaval 18

Gambar
@karnaval Sanggar Anak Akar
Mission

• Menggerakkan semakin banyak anggota masyarakat untuk terlibat nyata dalam berbagai upaya perlindungan hak anak.

• Menggalang dukungan untuk pengembangan model alternatif pendidikan humanis untuk anak-anak urban yang diselenggarakan oleh Sanggar Anak Akar.

Description

Sanggar Anak Akar (Sanggar) semula, 1994, merupakan atmosfer ruang aman dan nyaman untuk anak-anak pinggiran. Di tempat ini anak-anak tidak sekadar menjauh dari kekerasan di lingkungan keluarga, kota, bahkan negara, tetapi juga belajar memaknai kebersamaan hidup. Selanjutnya Sanggar mengalami metamorfosis menjadi sebuah Sekolah Otonom, alternatif model pendidikan humanistik, yang diselenggarakan dalam bentuk sekolah berasrama (boarding school). Di sekolah ini anak-anak belajar memaknai hidup. Kemampuan kognitif, keterampilan dan estetika adalah aspek-aspek integratif yang diselenggarakan untuk menunjang pencapaian tujuan tersebut.

Dalam perkembangannya Sanggar menjadi acuan yang mampu menggerakkan kesadaran banyak anggota masyarakat untuk terlibat dalam berbagai upaya perlindungan hak anak. Tidak sedikit dari mereka secara khusus memberikan dukungan pada pelaksanaan praksis pendidikan Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar. Mereka itulah yang kemudian disebut Sahabat Akar. Sejalan dengan visi Sanggar, keterlibatan para Sahabat Akar sekaligus merupakan bagian dari perkembangan Sanggar untuk menjadikan pendidikan sebagai bagian dari gerakan budaya yang menghormati hak anak.

Di samping pertemuan informal melalui berbagai media, interaksi para Sahabat dengan anggota komunitas Sanggar juga berlangsung secara formal dalam berbagai bentuk kegiatan yang dipersiapkan secara khusus. Salah satu kegiatan tahunan yang dipersiapkan sebagai ajang interaksi sosial adalah kegiatan @karnaval. Di samping mempertemukan para Sahabat dengan anggota komunitas Sanggar, kegiatan @karnaval yang bersifat terbuka juga menjadi ruang seni budaya yang mengundang anggota masyarakat dari berbagai lapisan.

Terkait dengan itu dan bertepatan dengan peringatan hari anak sedunia serta ulang tahunnya yang ke 18 maka tahun ini Sanggar bermaksud kembali menyelenggarakan @karnaval18. Kegiatan yang merupakan rangkaian beragam acara itu akan diselenggarakan sepanjang minggu terakhir bulan November. Partisipan yang akan terlibat dalam setiap acara tidak hanya berasal dari komunitas anak dari Jakarta, tetapi juga komunitas anak dari berbagai kota lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s