Niat News

APA KABAR BURSA BUKU (EKS) KWITANG? 

JAKARTA, NIAT News – Bursa buku (Eks) Kwitang masih menjadi tempat primadona bagi para penggemar buku, khususnya kaum intelektual muda. Siapa sangka, meski terletak di tempat yang cukup terpencil, pasar buku ini tetap dikenal. Ditempat inilah, ribuan buku bekas berkualitas dengan harga terjangkau tersedia dengan lengkap. 

Pasar Buku (Eks) Kwitang yang kini terletak di di lantai IV proyek SENEN dan JaCC Kebon Melati, Tanah Abang merupakan hasil relokasi dari Pasar Buku terkenal di Jalan Kwitang. Sebelum direlokasi oleh Pemerintah DKI Jakarta, para pedagang tersebut menjajakan buku-bukunya di sepanjang Jalan Kwitang, Jakarta Pusat. Karena jumlah pembeli yang terus meningkat, para penjual semakin bertambah hingga memenuhi seluruh trotoar, bahkan ada yang di tengah jalan umum. Akibatnya, kemacetan tak terhindarkan. Tahun 2008, relokasi resmi dilakukan oleh Pemerintah setempat setelah belasan kali melakukan penertiban terhadap para penjual. 

Meski sudah direlokasi, nama “Kwitang” masih dipakai oleh para pedagang buku bekas disana. Salah satu harapannya ialah agar para pembeli tetap ingat bahwa para penjual dan buku-buku ditempat tersebut adalah mereka yang dahulu berada di Bursa Buku Bekas populer, Kwitang. Ketika ditanya mengenai para pembeli, salah satu pedagang menjelaskan bahwa pembeli maupun pengunjung tempat tersebut sangat umum. Ada juga kalangan mahasiswa/i yang datang mencari sumber referensi untuk penelitian. (SP)

 

Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s